Kamis, 18 Februari 2010

PENGEMBANGAN IT DI DUNIA PENDIDIKAN

Pelayanan pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran sekarang ini, salah satunya dapat ditingkatkan dengan menerapkan ICT (Information and communication technology). Pembelajaran berbasis ICT adalah pengelolaan pembelajaran dengan memanfaatkan ICT dan bilamana ditingkatkan sehingga juga memanfaatkan internet atau website, disebut dengan pembelajaran berbasis website.

Departemen Pendidikan Nasioanal menyadari sepenuhnya akan hal ini. Sekolah-sekolah difasilitasi dan didorong kuat untuk menerapkan ICT. Ada program ”ICT roads to school”, Jaringan Pendidikan nasional (Jardiknas), Pusat Sumber Belajar (PSB), Perpustakaan Digital (Digital Library), Buku Sekolah Elektronik (BSE) dsb. Penerapan ICT selain penguatan di bahasa Inggris adalah dua hal yang penting dan strategis dalam upaya pelaksanaan sekolah rintisan diberbagai jenjang, baik untuk kategori sekolah mandiri, Standar Standar Nasional (SSN) maupun Bertaraf Internasional. Secara bertahap para guru diarahkan dan dibimbing untuk menguasai ICT dan bahasa Inggris secara memadai.
SMA Negeri 1 Martapura menyambut baik upaya tersebut, khususnya dalam penerapan ICT. Sejumlah pelatihan penguasaan ICT telah diiselenggarakan, sejak dari pengolah kata dan data seperti Word, Excel dan Access hingga untuk pembuatan presentasi memakai power point, authoware dan flash sudah pernah dilaksanakan dan atau diperkenalkan. Demikian juga untuk internet, yakni mengembangkan pembelajaran berbasis website, telah dan terus dikembangkan. Para guru secara khusus telah dilatih membuat E-mail, Mailist, diperkenalkan dengan blog dsb.
Walaupun sebagian guru telah melaksanakan pembelajaran berbasis ICT, bukan berarti fasitas dan cara yang telah ada ditinggalkan. Keberadaan papan tulis hitam atau whiteboard misalnya, tetap dipakai dalam menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal-soal matematika. Juga peragaan menggunakan peralatan geometri seperti membuat busur, lingkaran, sudut dan menggambar objek geometri di papan tulis hitam, jelas masih penting sekali. Jadi keberadaan ICT bukan menggantikan sepenuhnya pemakaian fasilitas atau cara lama, melainkan adalah melengkapi dan menutupi kekurangan yang ada sebelumnya dan menjadikan pembelajaran lebih menarik, jelas, aman dan nyaman untuk diikuti.

Tidak ada komentar: